Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Berdirinya Google


Siapa yang tidak tahu tentang Google. Google adalah perusahan yang terletak di Amerika Serikat, yakni Mesin Pencari terbaik di dunia. Google Inc berdiri pada tanggal 7 September 1998 di ruang garasi teman pendiri Goole di Menlo Park. Dan sekarang kantor pusat Google berada di Googleplex, Mountain View, California. 

Google merupakan penelitian dari dua mahasiswa Universitas Stanford yakni Larry Page dan Sergei Brin pada awal tahun 1996 yang mengembangkan sebuah teori bahwa mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs web akan memberikan hasil yang sangat baik dari pada menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang populer dimasa itu. Teknik yang dikembangkan oleh mereka disebut BackRub karena menggunkan backlink untuk mengestimasi seberapa penting sebuah situs. 

Google menjadi populer karena desainnya yang sangat sederhana dan "bersih" serta hasil pencariannya yang sangat relevan. Pada masa kejayaan Google di tahun 2004, Google mengurus kurang lebih 80 persen dari seluruh pencarian di internet melalui webnya dan klien-klien seperti  AOL, Yahoo! dan CNN.

Pada bulan Januari tahun 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan BackRub atau search engine. Kabar mengenai teknik baru mesin pecari dengan cepat menyebar di seluruh penjuru kampus. Keduanya mulai bekerja keras untuk mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Merekapun mendapatkan tambahan dana dari teman satu universitas, Andy Bechtolsheim yang merupakan pendiri perusahan Sun Microsystem. Larry dan Sergey memberikan demo tentang teknologi Google secara singkat kepada Andy. Melalui demo itu Andy setuju dan memberikan bantuan dana berupa cek $100.000. Namun, di cek tersebut tertulis perusahaan Google. Padahal ketika itu Larry dan Sergei belum mendirikan perusahaan Google. 


Larry dan Sergey tidak mau mencairkan dana tersebut karen belum memiliki legal atas perusahaan tersebut. Karen hal itu, keduanya bekerja keras mencari bantuan dana dari kalangan keluarga dan teman sehingga seluruh dana terkumpul menjadi $1.000.000. Dan akhirnya perusahaan Google dapat didirikan pada tanggal 7 September 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

Misi Google adalah mengumpulkan informasi di dunia dan dapat diakses secara berguna dan universal. Saat ini Google memperkerjakan kurang lebih 1000 orang. 

Post a Comment for "Sejarah Berdirinya Google"