Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Kecil Yang Membahagiakan

Tidak harus melakukan tindakan yang besar atau spektakuler untuk membuat orang disekitar kita menjadi bahagia. Seperti itulah yang dilakukan oleh seorang wanita di Tiongkok ketika hujan turun. Ia melihat seorang polisi sedang mengatur jalanan dan basah kuyup oleh hujan tersebut. Dengan rasa kepedulian yang tinggi, ia mendatangi polisi tersebut serta memayunginya dan polisi itu tetap menjalankan tugasnya. Mereka tidak saling mengenal satu sama lainnya. Tetapi rasa kepedulian wanita itu mengabaikan apakah ia harus mengenalnya atau tidak, yang terpenting adalah bahwa ia ingin menolong polisi tersebut. Sekalipun polisi itu telah menyuruhnya untuk pergi, ia tetap berdiri untuk mendampingi polisi itu untuk memayunginya. Setelah hujan reda, ia pergi begitu saja tanpa mengharapkan imbalan apapun. Polisi itu sangat berterimakasih kepada wanita itu atas pertolongan kecilnya tersebut dan ia bersyukur karena masih ada orang baik yang memedulikan dirinya.

Tindakan besar akan mendatangkan hasil yang besar. Benar, tetapi bukan berarti tindakan kecil tidak bisa mendatangkan hasil yang besar. Sebagaimana tindakan wanita tersebut, memberikan payung kepada polisi yang kelihatannya hanya sebuah tindakan kecil, namun ternyata pengaruhnya besar bagi polisi tersebut. Tindakan ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ketika seseorang membutuhkan pertolongan walau dia sendiri tidak memimtanya, maka biarkan rasa keperdulian menguasai kita dan membuar kita menolong orang yang membutuhkan. Menahan kabaikan terhadap orang yang membutuhkan secara tidak sadar telah membunuh rasa peduli yang ada di dalam diri kita secara perlahan-lahan.

Tuhan mengajari kita untuk perduli kepada orang disekitar kita. Kepedulian kita tidak harus berupa pemberian harta. Contohnya, dari hal kecil seperti turut berampati ketika seseorang sedang berdukacita atau sedih, turut bersukacita ketika seseorang sedang berbahagia.

Bukan orang lain yang membangkitkan atau membunuh rasa peduli itu, tetapi diri kita sendiri di saat kita membiarkannya bangkit atau mati. Kepedulian itu harus terus dipupuk dengan setia sehingga ia tidak akan pernah mati. Dengan demikian, orang disekitar kita akan merasa bahagia karena mereka tahu bahwa ada seorang teman yang senantiasa memedulikan keadaan dan situasi mereka. Selamat melayani, Tuhan memberkati.

Post a Comment for "Hal Kecil Yang Membahagiakan"